3 Langkah Jadi Reseller Tanpa Modal dan Tanpa Bingung

Reseller adalah kegiatan menjual kembali produk yang sudah ada. Tentunya Anda sudah sering mendengar berbagai macam produk kosmetik yang beredar; lokal maupun mancanegara.

Anda juga pasti sering menemukan produk ini tak hanya secara langsung di tokonya. Bisa juga dijual ke kenalan atau saudara dan mereka ikut menjual produk tersebut. Ini-lah dinamakan menjadi Reseller. Seiring berkembangnya produk kecantikan di lingkup masyarakat Indonesia, populasi reseller kosmetik pun bertambah banyak. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa reseller kosmetik merupakan kegiatan bisnis yang menguntungkan.

Untuk anda pencinta kosmetik, mungkin sudah mulai tertarik dan memutuskan untuk menjual kembali produk kosmetik yang sekarang sudah banyak beredaran. Karena sebetulnya, menjual kembali produk kosmetik akan lebih tidak merepotkan jika dibanding memproduksi brand Anda sendiri. Bahkan, kegiatan reseller kosmetik ini bisa dibilang memiliki modal yang sangat minimal karena Anda dapat memutuskan untuk tidak mengeluarkan biaya produksi, pemasaran, atau pun pengiriman. Walaupun terdengar mudah, kegiatan reseller kosmetik ini memang dapat menjadi rumit, terutama jika Anda baru pertama kali akan berkecimpung di kegiatan ini. Tapi tenang, berikut 3 langkah yang bisa anda ikuti untuk memulai perjalanan Anda sebagai Reseller Kosmetik:

  1. Memilih Produk dan Supplier

Tentunya untuk menjual kembali suatu produk kecantikan, Anda harus menemukan produk yang tepat terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan pertama-tama mengikuti dan mengamati trend yang berlaku di jaman ini. Kebanyakan barang kosmetik tidak akan mati dalam jangka panjang karena untuk wanita pada umumnya, mengonsumsi barang-barang kecantikan ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Sehingga, Anda hanya harus menilai produk mana yang memberikan value terbaik, sehingga lebih cepat pula Anda bisa menghasilkan keuntungan. Memahami pasar juga akan memudahkan Anda dalam bidang marketing. Karena jika produk yang akan Anda jual kembali sudah dikenal luas oleh masyarakat, Anda akan dengan mudah mencari pelanggan.

Begitu sudah menentukan produk apa yang ingin Anda jual, selanjutnya mencari Supplier menjadi hal yang tidak kalah penting. Supplier, dalam arti mudahnya, adalah mereka yang akan menyediakan produk untuk Anda jual kembali. Dari Supplier-lah Anda akan mengambil stok produk Anda. Maka dari itu, anda harus rajin untuk memperhatikan berbagai supplier yang ada, dan membandingkannya untuk menemukan yang terbaik. Pastikan Supplier produk Anda itu terpercaya, dan sudah berdiri lama di dalam bidang Kosmetik. Penting juga mencari supplier yang memperhatikan kelancaran penjualan Anda dan menyediakan bantuan / support dalam kegiatan reseller Anda. Sehingga kedepannya, Anda tidak dirugikan oleh Supplier sendiri, tapi dapat bekerja sama menghasilkan keuntung yang maksimal.

  1. Memasarkan Produk

Jika Anda sudah mendapatkan produk yang mantap dari supplier yang terpercaya, Anda bisa masuk ke tahap memasarkan produk. Seperti yang tertera di tahap pertama, semakin terkenalnya produk Anda di masyarakat, akan lebih mudah untuk Anda memasarkannya.  Contohnya saja, jika Anda berniat menjual kembali produk Am2Pm yang terkenal dengan Body Lotionnya. Ketika Anda hendak memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen yang Anda targetkan, ada lebih banyak kemungkinan bahwa mereka telah mengetahui tentang produk ini, atau bahkan telah menggunakannya.  Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemasaran produk adalah platfrom yang Anda gunakan. Sosial Media merupakan media yang sangat tepat untuk ini. Jika Anda melihat Instagram, banyak sekali fitur yang mendukung berjalannya suatu bisnis.  Dengan ini, Anda bisa fokus mempelajari fitur-fitur tersebut dan menghasilkan konten yang menarik. Patikan Anda mengenal produk tersebut dengan baik sehingga Anda bisa memperkenalkannya dengan jelas di Sosial Media. Dengan mengikuti tren juga akan membantu Anda menghasilkan konten yang relevan, sehingga postingan Anda bisa ditemukan oleh banyak masyarakat. Cobalah berbagai hal yang unik dan ringan sehingga semakin banyak pula orang yang menyebarluaskan konten Anda. Pemasaran produk juga bisa Anda lakukan lewat word-of-mouth atau dari mulut ke mulut. Cukup menceritakan produk yang Anda jual dan kegunaannya yang Anda sendiri rasakan selama pemaikainnya ini kepada relasi Anda. Hal ini akan membantu produk tersebut lebih terkesan familier sehingga orang lebih tertarik untuk membelinya.

  1. Pelayanan Maksimal

Dengan banyaknya reseller kosmetik yang beredar, memang berarti persaingan Anda akan menjadi lebih sengit. Namun, disinilah Anda bisa menemukan cara lain untuk menjadikan Anda reseller kosmetik yang sukses. Salah satu caranya dengan memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan Anda. Bayangkan Anda sudah mempunyai satu konsumen yang mencintai produk yang Anda jual, namun dalam proses pembeliannya, Anda terbilang ketus dan tidak terlalu baik dalam merespon pesan dari si konsumen. Hal ini tentu mendorong konsumen untuk mencari reseller lain, karena memang tidak sulit untuk mencari reseller lain yang menjual produk yang sama. Maka dari itu, berilah pelayanan terbaik untuk setiap pelanggan yang Anda terima dan pertahankan pelayanan tersebut dengan konstan. Hal ini juga akan membuat Anda kuat menghadapi kompetitor, karena Anda sudah bisa menjaga pelanggan Anda menjadi pelanggan yang setia.

Dengan 3 tahap di atas, Anda bisa dengan percaya diri memulai kegiatan reseller Anda dan menghasilkan berbagai keuntungan dari kegiatan ini! Selamat mencoba!

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *