4 Komponen Biaya Maklon Kosmetik Yang Wajib Anda Ketahui

4 Komponen Biaya Maklon Kosmetik Yang Wajib Anda Ketahui – Biaya maklon kosmetik merupakan salah satu aspek yang dipertimbangkan oleh setiap orang yang berencana untuk memulai bisnis kosmetik dengan menggunakan jasa maklon kosmetik. Secara alamiah, dalam setiap bisnis, komponen biaya memiliki peran penting yang berdampak pada berbagai aspek.

Pertumbuhan bisnis kosmetik yang terus meningkat dari tahun ke tahun membuat banyak pihak mulai melirik potensi bisnis ini. Mulai dari dokter, artis, blogger, hingga beauty vlogger, satu persatu mulai masuk ke bisnis kosmetik. Hal ini membuat persaingan dalam bisnis ini semakin menarik.

Berapa Kisaran Biaya Maklon Kosmetik?

Minimnya informasi mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk maklon kosmetik seringkali membuat sebagian orang yang ingin memulai bisnis kosmetik membuat asumsi sendiri. Anggapan yang paling sering muncul adalah biaya maklon kosmetik mahal.

Padahal, biaya maklon kosmetik murah atau mahal adalah hal yang relatif. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesan murah atau mahalnya biaya maklon kosmetik yang harus dikeluarkan

  • Varian produk yang akan dibuat

Banyaknya variasi produk yang akan dihasilkan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya biaya maklon yang harus dikeluarkan oleh klien. Kebijakan masing-masing pabrik maklon kosmetik berbeda-beda, ada yang membolehkan klien memulai hanya dengan 1 varian produk, ada yang tidak.

Kebijakan ini murni pertimbangan bisnis masing-masing pabrik. Namun, biasanya selalu ada ruang untuk negosiasi.

  • Jumlah produk yang akan diproduksi

Faktor lain yang mempengaruhi besarnya biaya maklon yang harus disiapkan adalah jumlah produk yang akan dipesan atau diproduksi. Pada umumnya setiap pabrik maklon kosmetik memiliki ketentuan tersendiri mengenai jumlah minimum order (Minimum Order Quantity/MOQ) untuk setiap produksi.

Biasanya, semakin banyak produk yang dipesan untuk setiap varian, semakin rendah harga satuan per produk. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah produk yang dipesan setiap jenisnya, maka harga satuan per produk akan turun semakin mahal. Calon klien dapat mempertimbangkan setiap opsi dengan kelebihan dan kekurangannya.

  • Bahan aktif dari produk yang dibuat

Faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi murah atau mahalnya maklon kosmetik adalah komposisi bahan aktif untuk setiap jenis produk. Konsentrasi bahan aktif umumnya cukup untuk memberikan dampak yang signifikan terhadap biaya produksi untuk setiap perusahaan maklon.

Semakin banyak jumlah bahan aktif yang digunakan atau semakin tinggi konsentrasi bahan aktif yang digunakan, maka semakin tinggi harga masing-masing produk.

Pada penjelasan di atas, kami uraikan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya maklon kosmetik. Besaran biaya yang harus disiapkan pada penjelasan di atas menitikberatkan pada kuantitas, baik varian maupun jumlah pesanan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan merinci komponen biaya maklon kosmetik secara keseluruhan yang harus disiapkan oleh calon klien. Secara garis besar, ada 4 komponen utama biaya maklon kosmetik.

  • Biaya Pembuatan Sampel

Beberapa produsen maklon kosmetik menerapkan ketentuan pembebanan biaya sampel kepada klien yang ingin menggunakan jasa derek perusahaannya. Seperti namanya, biaya sampel digunakan oleh produsen untuk membuat sampel produk yang diminta oleh klien. Besaran biaya ini bervariasi, mulai dari Rp100.000,- hingga Rp3.000.000.

Pengenaan biaya sampel ini umumnya dilakukan sebagai bentuk komitmen yang mengikat kepada klien. Pembuatan sample tidak bisa dilakukan sembarangan oleh pabrikan. Sesederhana apapun produknya, sampel produk tetap dibuat dengan menggunakan SOP yang ketat.

  • Biaya Perizinan (BPOM dan Halal)

Komponen kedua dari biaya tol adalah biaya perizinan. Biaya lisensi merupakan komponen yang harus disiapkan oleh calon klien dan menjadi salah satu syarat mutlak jika produk ingin dijual bebas. Ada 2 izin terkait peredaran produk kosmetik dan perawatan kulit di Indonesia: Pemberitahuan Izin Edar dan Sertifikat Halal.

  • Biaya Produksi (bulk, kemasan primer, kemasan sekunder)

Komponen ketiga adalah biaya produksi. Komponen ini merupakan komponen dengan porsi terbesar yang harus disiapkan oleh calon klien. Dari segi biaya produksi, calon klien harus menyiapkan biaya untuk tiga hal: massal (seperti krim, serum, sabun), kemasan primer (botol, pot krim, tabung, stiker, dll), dan kemasan sekunder (kotak, kantong, dll).

  • Biaya Lainnya (biaya tes lab, biaya transportasi)

Komponen biaya maklon kosmetik yang terakhir yang perlu diketahui adalah biaya selain ketiga komponen biaya tersebut di atas. Biaya-biaya lain ini masih perlu dipertimbangkan agar calon klien dapat mengatur dan menganggarkan bisnis mereka. Beberapa biaya yang harus disiapkan antara lain biaya uji lab (pihak ketiga) yang memang diwajibkan oleh BPOM.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *