Cara Kerja Maklon Kosmetik Hingga Keuntungan Jasanya

Cara Kerja Maklon Kosmetik Hingga Keuntungan Jasanya – Jika Anda ingin membuat brand kosmetik, Anda bisa menggunakan jasa maklon untuk memudahkan proses produksi hingga legalitasnya. Industri kecantikan di Indonesia semakin berkembang.

Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui layanan ini dan beranggapan bahwa proses produksi produk kecantikan akan sangat rumit dan panjang. Sebelum memulai bisnis, yuk cari tahu lebih lanjut tentang jasa maklon produk kecantikan ini.

Apa itu Maklon?

Maklon adalah kegiatan pembuatan produk yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang dilakukan atas permintaan pihak lain. Istilah lainnya adalah makloon atau maklun.

Arti kata maklun dalam KBBI adalah upah untuk membuat pakaian, perhiasan, dan sebagainya. Kata ini pada dasarnya merupakan serapan dari bahasa Belanda yaitu maakloon yang berarti ongkos produksi atau ongkos produksi.

Istilah ini paling dikenal di industri kosmetik. Maklon kosmetik adalah perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan produk kecantikan seperti skin care dan make up. Namun, pada dasarnya istilah ini juga berlaku di industri lain.

Ada juga maklon fashion yang bisa membantu kamu yang ingin membuat produk fashion dengan brand sendiri. Maksudnya jasa maklon adalah jasa yang membantu anda dalam proses produksi suatu produk sehingga tidak perlu membangun pabrik sendiri.

Bagaimana Kosmetik Maklon Bekerja?

Seperti disebutkan sebelumnya, Maklon paling akrab dengan industri kosmetik. Proses pembuatan produk kecantikan bisa dikatakan cukup rumit. Anda tidak hanya membutuhkan sumber daya manusia, Anda juga membutuhkan berbagai alat untuk laboratorium dalam proses pengembangan produk.

Inilah yang membuat layanan ini laris manis di industri ini. Daripada harus membangun pabrik dengan biaya tinggi, tentunya akan lebih aman untuk menyerahkan proses produksi kepada pihak lain yang sudah memiliki fasilitas yang lebih memadai.

Selain mengurusi masalah produksi, maklon kosmetik juga biasanya mengurus perijinan produk. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu indikator keamanan penggunaan produk kecantikan adalah adanya izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Oleh karena itu, pemilik merek kosmetik harus memperhatikan hal ini.

Jika Anda menggunakan jasa maklon yang sudah lulus BPOM, tentunya brand Anda juga akan lebih mudah mendapatkan izin. Selain izin edar BPOM, layanan ini juga bisa membantu Anda mendapatkan sertifikasi halal. Seperti yang kita ketahui, produk kosmetik halal ini juga memiliki pasar tersendiri.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan konsep tentang produk yang ingin Anda buat. Anda juga dapat menyediakan produk yang sudah ada di pasaran untuk referensi. Setelah itu pihak maklon akan membuat contoh produk dari konsep yang telah dijelaskan. Jika Anda cocok dengan produk, maka produk tersebut akan diproduksi secara massal.

Biaya dan Waktu Pemrosesan untuk Maklon Kosmetik

Biaya minimum yang diperlukan tergantung pada jenis produk yang dibuat dan setiap perusahaan juga dapat bervariasi. Ada perusahaan yang menawarkan fee mulai dari Rp. 20.000.000,-. Proses pembuatan sample produk biasanya memakan waktu 7-14 hari. Kemudian untuk produksi bisa memakan waktu sekitar 3-6 bulan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon Kosmetik

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa banyak brand yang mengandalkan jasa ini untuk proses produksi make up atau perawatan kulit. Berikut beberapa keuntungan menggunakan jasa maklon:

  1. Sederhanakan Proses Lisensi

Proses mendapatkan izin edar BPOM dan sertifikasi halal membutuhkan proses yang panjang. Anda dapat menghabiskan banyak waktu untuk merawatnya.

Tentu akan sulit untuk fokus pada penjualan jika Anda sibuk mengurus hal ini. Tentunya akan lebih baik menggunakan jasa tol sehingga dalam waktu kurang dari 6 bulan sudah bisa memasarkan produk tanpa harus khawatir lagi dengan perijinan.

  1. Jangan khawatir tentang tempat produksi dan SMD

Memproduksi skincare atau make up dalam jumlah banyak tentunya membutuhkan tempat produksi dan sumber daya manusia yang banyak. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan tempat produksi, pencarian bahan baku, dan proses produksi.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mencari sumber daya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan Anda karena semuanya telah diurus oleh pihak yang lebih profesional. Tentu saja ini bisa menjadi cara untuk menghemat waktu dan uang Anda.

  1. Modal Minimum

Anda bisa mempunyai brand sendiri dengan modal awal Rp 20.000.000. Tentu saja uang sebesar itu tidak akan cukup jika Anda memaksakan diri untuk memproduksi barang sendiri karena biaya pembuatan sebuah pabrik kosmetik tentunya jauh melebihi angka tersebut.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *