Kandungan Kosmetik Berbahaya Merusak Kulit

Industri kosmetik terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan, sebagian dari kaum hawa memiliki kewajiban untuk mempunyai kulit putih, cerah dan bersih. Guna mendukung kewajiban tersebut, produk kosmetik menjadi jalan untuk mewujudkannya.

Sayangnya, keinginan memiliki kulit sehat justru dapat berbahaya bagi kulit. Karena hal ini, ada beberapa produk kosmetik yang memiliki kandungan berbahaya untuk memberikan hasil instan. Cara cepat justru berbahaya bagi kulit kita. Berikut bahan kosmetik berbahaya dan dapat merusak kulit:

  1. Merkuri

Kandungan ini seringkali digrebek oleh petugas pada kosmetik yang ilegal di pasaran. Merkuri (Hg) berasal dari logam berat yang secara alami berada di alam. Zat ini dapat beracun bila penggunaannya tidak dikontrol. Zat ini pernah diciduk dalam kemasan kosmetik ilegal. Dalam kosmetik, merkuri dibagi menjadi dua yakni anorganik dan organik.

Biasanya pada anorganik biasa digunakan dalam bentuk sabun dan krim pemutih kulit. Sedangkan, merkuri organik digunakan dalam bentuk pembersih riasan dan maskara. Sebelum ada peringatan dari BPOM RI, sebagian orang menitikberatkan jika merkuri dapat membuat kulit wajah cerah. Kini perlahan-lahan mereka menyadari, merkuri berbahaya bagi kulit kita.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, hindari membeli produk kecantikan tanpa reputasi legalitas BPOM RI. Karena kosmetik yang sudah memiliki izin edar BPOM RI, dapat dipastikan keamanan dalam menggunakannya.

  1. Steroid

Penggunaan kosmetik menjadi salah satu cara praktis untuk mewujudkan kulit sehat. Sebagian besar wanita yang memiliki kulit wajah putih, lembut, mulus dan glowing menjadi tolak ukur kecantikan di mata publik. Tolak ukur ini berdasarkan kriteria cantik dan menarik bagi sebagian masyarakat.

Maka tidak heran bila berbagai jenis produk kecantikan pemutih beredar di pasaran. Mulai dari harga murah hingga jutaan rupiah yang beredar di offline maupun online. Namun perlu diwaspadai, ada zat berbahaya yang mungkin berada di kandungan kosmetik yang hendak dibeli. Salah satunya penambahan Steroid pada krim wajah.

Steroid atau kortikosteroid ini berbentuk oral maupun topical guna mengatasi peradangan pada tubuh. Akan tetapi, steroid biasa digunakan sebagai anti peradangan dalam bentuk krim wajah. Jika kandungan steroid tak dikontrol akan membahayakan kulit cantik pemakainya. Karena efek samping steroid ini sangat banyak. Awal pemakaian, kulit wajah terlihat glowing, namun jangka panjang menjadi meradang. Selain itu, jika pemakaian krim secara mendadak akan timbul jerawat dan kulit menjadi memerah.

  1. Hidrokuinon

Terakhir ada kandungan Hidrokuinon. Kandungan ini dipercaya dapat mengatasi bercak gelap pada kulit akibat penumpukan melanin. Kandungan ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin, cerah dan tampak senada dengan area kulit. Adapun cara kerja lainnya seperti merusak sel melanosit langsung, mempercepat degradasi melanosom, dan menghambat sintesis enzim melanogenesis. Kandungan ini harus diawasi oleh dokter atau digunakan sesuai dengan resep dokter. Jika tidak, harapan Anda untuk memiliki kulit cantik justru menjadi rusak.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *