Penyebab Kulit Keriput. Begini Cara Cegahnya!

Kerutan pada wajah atau yang disebut keriput ini adalah suatu kondisi penuaan kulit yang disebabkan karena kondisi elastisitas kulit yang semakin menurun yang mengakibatkan kulit menjadi kendur serta semakin menipis. Hal ini biasanya ditandai dengan kondisi kulit yang tidak halus dan kendur. Perlu diketahui, bahwa gejala kulit keriput terbagi menjadi dua macam yaitu gejala penuaan intrinstik dan ekstrinsik.

Gejala penuaan intrinsik terlihat dengan adanya kondisi kulit yang semakin menipis, semakin nyatanya kerutan halus, kulit yang semakin kering dan juga keriput. Sedangkan penuaan ekstrinsik, terlihat dengan adanya kondisi kulit yang menebal dan juga kasar, kerutannya lebih terlihat nyata, serta timbulnya bercak pigmentasi yang tidak teratur pada kulit. Nah perlu diketahui bahwa terdapat beberapa faktor loh yang mampu membuat kulit keriput, antara lain:

  1. Faktor usia

Kulit keriput yang disebabkan oleh faktor usia ini adalah sebuah proses alami yang tak dapat dihindarkan, karena seiring bertambahnya usia seseorang kulit akan semakin mengalami penurunan elastisitas serta menurunya produksi minyak pada tubuh, dengan begitu kulit akan lebih mudah kering dan keriput semakin nyata terlihat, ditambah lagi dengan menghilangnya lemak pada lapisan kulit yang terjadi saat usia seseorang semakin memperjelas garis-garis keriput pada kulit.

  1. Sinar matahari

Salah satu penyebab yang memicu kulit keriput ini adalah sinar matahari. Meskipun memang sinar matahari ini baik bagi tubuh, namun ternyata jika terlalu sering terkena sinar matahari juga mampu membuat kolagen dan elastisitas pada kulit semakin menurun loh. Dan jika kondisi seperti ini terus menerus dibiarkan, maka kondisi kulitpun akan semakin buruk, karena garis-garis keriput yang muncul akan semakin nyata, dan hal seperti ini bisa terjadi dengan siapapun tak terkecuali sesorang yang berusia muda.

  1. Merokok

Kebiasaan buruk sering kali merokok ini tak hanya akan berdampak pada bagian dalam tubuh saja loh, melainkan juga bagian luar tubuh salah satunya adalah kulit. Kebiasaan buruk ini jika dilakukan secara terus menerus akan semakin mempercepat penuaan, jadi tak heran jika seseorang yang usianya masih terbilang muda, namun kondisi kulitnya sudah keriput dan wajahnya terlihat lebih tua. Rokok, memiliki kandungan nikotin yang membuat pembuluh darah semakin sempit dan kecil, sehingga aliran oksigen serta nutrisi pada sel-sel kulit akan semakin berkurang. Nah kandungan zat berbahaya itulah yang mampu merusak kolagen dalam tubuh serta menurunkan elastisitas kulit.

Setelah mengetahui penyebab kulit keriput, tentu kamu perlu menghindari hal-hal yang dapat mempercepat terjadinya keriput pada kulit. Nah untuk itu, inilah beberapa tips yang dapat membantumu dalam mencegah keriput wajah, yuk simak tipsnya.

  • Terapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup yang sehat tentu tak hanya akan berpengaruh pada kondisi kulitmu saja, melainkan juga akan berpengaruh untuk hidup kedepannya. Untuk itu, demi menjaga kulit agar tetap kencang, terhindar dari keriput diperlukannya makan-makanan yang bergizi serta konsumsi air putih yang cukup, serta jam tidur yang teratur dan cukup ya. Hindarilah kebiasaan bergadang, dan mulailah rajin berolahraga, tak perlu berlebihan cukup dengan melakukan olahraga ringan sekitar 15-30 menit setiap harinya. Karena dengan olahraga, aliran darah yang ada dalam tubuh akan semakin lancar dan tentunya berpengaruh pada kulit, kulit akan semakin kencang, dan juga tampak lebih sehat.

  • Gunakan tabir surya

Rasanya untuk terus menghindar dari sinar matahari sangatlah tak mungkin, untuk itu agar tetap bisa berkegiatan dengan bebas tanpa khawatir perlindungan kulit, perlunya menggunakan sunscreen atau tabir surya. Tabir surya ini memiliki kandungan yang tak hanya mampu melindungi kulit dari sinar matahari saja loh, melainkan juga mampu mencegah adanya penuaan dini ataupun kulit keriput.

  • Konsumsilah lemak sehat

Salah satu lemak sehat yang mampu menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya keriput adalah asam lemak omega 3 dan omega 6. jenis lemak sehat ini mampu membantu menjaga struktur kulit serta membantu meregenerasi sel kulit sehingga mencegah terjadinya kerusakan. Selain itu lemak sehat ini dapat membantu kita menjaga kelembapan kulit loh, hingga kulit bisa terhindar dari keriput dan tampak lebih kencang.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *