Tips Branding Agar Bisnis Mudah Diingat

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, toko online menjadi pilihan yang banyak diminati oleh para masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli. Semakin maraknya peminat masyarakat akan kebutuhan belanja online menjadikan para pelaku bisnis mulai melirik untuk membuka toko di platform marketplace. Namun, untuk merintisnya diperlukan proses seperti strategi branding agar bisnis mudah diingat.

Semakin majunya teknologi, kebutuhan masyarakat akan kebutuhan sehari-hari pun dipermudah dengan adanya toko online di marketplace yang mudah diakses melalui smartphone. Para pelaku bisnis juga mulai merintis usaha mereka dengan membuka toko online agar mudah diakses oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, dalam merintis toko online tidak hanya asal membuka saja. Jika begitu, toko tidak akan dilirik dan menarik minat masyarakat. Diperlukan proses seperti menyusun strategi branding yang tepat untuk bisnismu agar mudah diingat oleh masyarakat.

Dengan branding yang kuat akan mampu membawa nama atau citra brand semakin dikenal dan diingat oleh masyarakat. Hal ini pula yang menjadi ciri khas antar brand milikmu dengan brand lain.

Apalagi jika kamu seorang beuatypreneur yang tentunya harus menciptakan sebuah inovasi dan keunikan dari brand yang kamu buat agar menarik minat masyarakat serta sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk melakukan branding perlu strategi-strategi yang tepat agar hasil yang baik pun dapat diterima. Kamu tidak perlu risau apabila belum memiliki strategi branding karena kamu bisa membuat dari sekarang dengan memperhatikan tips-tips branding agar mudah diingat berikut ini !

1. Buat Nama Brand Yang Mudah Diingat

Langkah pertama dan yang penting untuk kamu lakukan adalah membuat nama toko yang mudah diingat oleh konsumen. Tidak perlu membuat nama yang panjang dan rumit, yang terpenting adalah nama tokomu mudah nyangkut di benak konsumen dan berbeda dengan toko lain.

Hindari plagiasi agar toko memiliki ciri khas tersendiri, buat nama toko sesuai dengan konsep brand milikmu. Apabila target konsumen brand adalah kalangan wanita maka bisa kamu buat dengan lebih feminim, dan apabila target konsumen adalah kalangan pria maka bisa kamu nama yang terdengar masculine. Dalam pembuatannya kamu bisa pula menggunakan bahasa inggris.

2. Ciptakan Logo Yang Unik

Dalam menjalankan bisnis tentunya logo sangat diperlukan sebagai identitas dari toko karena logo akan dicantumkan pada display picture. Logo ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap toko karena menjadi ciri khas agar dapat diingat oleh konsumen. Logo unik akan membuat konsumen lebih mudah mengenali toko, visualisasikan logo dengan font atau warna yang sesuai dengan konsep produk yang diangkat.

Dalam proses menciptakan logo, kamu juga harus buat makna atau kesan dari logo tersebut karena logo itu seperti penggambaran atau filosofi dari toko. Tidak perlu membuat logo dengan rumit atau ornament yang terlalu banyak, yang terpenting adalah logo tersebut sesuai dengan konsep toko dan produk yang kamu angkat.

3. Ciptakan Konten Iklan Yang Menarik

Apabila logo dan nama toko sudah ditentukan langkah selanjutnya yang dapat menarik ribuan konsumen adalah pembuatan konten untuk iklan. Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena dengan konten yang menarik akan membuat konsumen melirik toko, sebaliknya apabila konten yang kamu buat tidak menarik dan tidak sesuai dengan konsep toko maka akan sulit untuk menarik konsumen.

Cobalah mengikuti tren-tren yang sedang viral di masyarakat lalu aplikasikan menjadi konten iklan toko. Perhatikan pula pengambilan foto produk, buat dengan semenarik mungkin dengan hasil baik yang daapat menaikkan citra produk tokomu.

4. Gunakan Banner Yang Menarik

Saat toko sudah dibuka, banner menjadi satu hal yang pertama dilihat oleh konsumen.  Jika kamu membuka toko fisik, banner yang terpampang jelas di depan toko akan menarik konsumen untuk membacanya. Oleh karena itu, buatlah banner dengan visualisasi yang menarik menggunakan element-element desain sesuai dengan konsep toko.

Begitu pula dengan toko online memperlukan juga penggunaan banner ini karena kamu harus memasukkan banner di sampul foto yang mewakili toko milikmu. Selalu ingat, untuk menambahkan detail informasi yang jelas pada banner karena konsumen akan melihat toko apa yang kamu buka dan produk apa yang kamu tawarkan melalui banner.

5. Tambahkan Informasi Toko

Platform marketplace sekarang ini menyediakan fitur untuk menambahkan deskripsi agar para penjual dapat menambahkan informasi mengenai toko seperti barang apa yang ditawarkan atau informasi mengenai toko secara lebih detail.

Kamu harus manfaatkan fitur ini untuk menambahkan deskripsi tentang toko seperti informasi tentang toko yang bergerak di bidang apa, barang apa yang kamu tawarkan, dan kelebihan apa yang kamu miliki di toko agar konsumen lebih yakin untuk membeli produk darimu.

6. Personalisasi Produk

Tips terakhir adalah lakukan personalisasi toko atau produk dengan tujuan bahwa tokomu lebih menonjol dari toko lain. Personalisasi ini dapat kamu lakukan dengan mencatumkan nama pada setiap produk keluaran toko atau tambahkan watermark pada foto produk bisa berupa logo toko.

Personalisasi ini juga sangat penting dilakukan untuk membangun interaksi dengan konsumen, jika target konsumen toko adalah anak muda maka kamu harus menyesuaikan penggunaan kata atau kalimat dengan bahasa gaul agar terjalin hubungan baik dengan konsumen. Setiap kata yang kamu gunakan dalam pembuatan konten juga bisa diselingi dengan bahasa gaul supaya lebih terasa dekat dengan konsumen.

Sekian tips-tips branding agar bisnis yang kamu jalankan mudah diiingat oleh para calon konsumen, selalu sertai niat saat menjalankan tiap tips yang ada agar mendapatkan hasil yang baik. Tidak perlu takut untuk gagal karena bisnis yang sukses selalu diiringi dengan proses jatuh bangun yang membawa keberhasilan nantinya.

Tips ini berlaku untuk semua bisnis di berbagai bidang termasuk bagi para beautypreneur yang menjalankan bisnis kecantikan. Agar bisnismu semakin lancar ikuti tips ini, maka tidak perlu heran kalau nantinya toko semakin dikenal masyarakat.

Dan untuk kamu yang ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik PT Cressindo Kusuma untuk menjadi seorang beautypreneur. Kamu bisa mendaftarkan diri segera di PT Cressindo Kusuma.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *