Tips Jadi Reseller Kosmetik di Usia Muda

Siapa yang tidak gemar dengan Kosmetik? Pastinya, untuk kebanyakan wanita muda kosmetik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi.

Namun tahukah Anda, bahwa Anda pun bisa menjual Kembali produk kosmetik yang Anda sukai dan mendapatkan lebih banyak keuntungan? Ya, hal ini menjadi mungkin jika Anda memutuskan menjadi Reseller Kosmetik. Kegiatan ini membuat Anda mampu untuk menjual Kembali dan memasarkan produk kecantikan yang sudah beredar di masyarakat.

Jadi tidak hanya Anda menghabiskan uang untuk membeli produk kecantikan yang anda perlukan, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan melakukan kegiatan reseller kosmetik ini. Kabar baiknya lagi, reseller kosmetik bisa dilakukan kapan saja, dimanapun, tanpa batasan usia maupun modal.

Maka dari itu, terutama untuk para penggemar kosmetik yang masih dalam usia muda, reseller kosmetik bisa menjadi bisnis yang aman dan menguntungkan untuk kalian jalani. Bayangkan dapat memiliki produk kosmetik yang tidak pernah habis, karena Anda akan terus menerus penuh dengan stok produk tersebut.

Dan tentunya, ketika Anda berusaha menjual Kembali produk tersebut, Anda tidak akan kesulitan karena produk tersebut bukan produk yang asing bagi Anda. Meskipun terbilang aman dan mudah, ada beberapa hal yang tetap perlu Anda perhatikan untuk menjadi reseller kosmetik yang sukses.

Yuk, perhatikan 5 tips berikut ini!

  1. Carilah produk yang kamu gemari

Melakukan sesuatu yang berkaitan dengan hal yang kita suka memang cenderung menghasilkan outcome yang lebih baik. Hal yang sama berlaku dalam kegiatan reseller kosmetik ini. Ketika Anda sudah mempunyai produk yang Anda pakai sehari-hari, menguntungkan untuk Anda, dan Anda kenal betul dengan produk tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan produk tersebut untuk dijual Kembali. Mengapa? Karena akan lebih mudah untuk Anda memperkenalkan produk tersbut. Anda paham betul akan kandungan dan manfaat dari produk yang memang Anda pakai, hal ini tentu akan menjadikan Anda lebih percaya diri untuk merekomendasikan produk tersebut kepada para konsumen. Dan jika ada yang bertanya lebih lanjut tentang produk tersebut, Anda tidak harus repot repot belajar dari awal mengenai produk tersebut, dan bisa menjawab dengan relevansi dan pengalaman yang tepat. Bagaimanapun juga, Anda juga akan lebih percaya terhadap suatu produk jika sudah melihat ulasan atau bukti nyata dari pengguna produk tersebut, bukan?

  1. Fleksibel dalam cara pemesanan dan pembayaran

Dunia sekarang sudah dengan fleksibel memberikan banyak alternatif untuk kita melakukan suatu kegiatan. Hal ini berkat majunya internet dan teknologi. Dalam menjadi reseller kosmetik, Anda harus bisa menjadi fleksibel pula dalam pelayanan yang Anda berikan. Terutama jika Anda berorientasi pada Online Shopping, dimana sudah ada banyak cara untuk memesan dan membayar barang yang pembeli inginkan. Bayangkan betapa sulitnya jika Online Shop hanya memiliki satu cara pembayaran. Mungkin, bagi pelanggan yang tidak memiliki alat pembayaran itu akan pergi mencari toko yang memudahkan mereka dalam pembayaran. Maka dari itu, sediakanlah berbagai alternatif untuk para consumer memesan dan membayar produk yang kamu jual Kembali, sehingga memudahkan mereka untuk melakukan transaksi dengan cepat.

  1. Optimalkan Pemasaran & Branding

Berkaitan dengan point sebelumnya, dimana kemajuan internet dan teknologi memudahkan kita untuk melakukan banyak kegiatan, kemajuan ini juga bis kita manfaatkan untuk memperluas jangkuan produk yang akan kita jual. Gunakan media social dengan baik karena sekarang, kebanyakan pelanggan melakukan transaksi jual beli karena terpengaruh social media. Dalam hal ini, pastikan konten yang Anda buat juga mendukung brand awareness. Sehingga ketika seorang pengguna social media secara ‘tidak sengaja’ menemukan laman media social Anda, dia tidak langsung pergi namun tertarik untuk mempelajari lebih lanjut akan apa yang Anda jual dan membelinya. Dan karena orang cenderung mengikuti apa yang sedang trend dan viral, pastikan Anda juga up-to date dengan apa yang sedang booming. Gunakan kemampuan relasi Anda juga untuk ikut mempromosikan produk yang Anda jual, bisa mulai dari memposting Instagram story tentang produk tersebut, atau memberikan like & komen di laman social media Anda. Jangan malu untuk menyebarluaskannya. Karena kalau Anda percaya produk tersebut bagus dan bermanfaat, maka lebih baik lagi kalau lebih banyak orang yang mengetahui tentang produk tersebut.

  1. Tentukan Harga dengan teliti

Ingat, anda melalukan kegiatan menjual Kembali produk ini untuk mendapatkan keuntungan. Biasanya, penetapan profit ini berkisar dari 10% – 20%. Sehingga anda bisa mempertimbangkan dari biaya operasional dan lain lainya, berapa yang bisa anda dapatkan. Hal lain yang bisa diperhatikan adalah kemungkinan Anda harus bersaing harga dengan reseller lain yang menjual produk yang sama. Dalam hal ini, jadilah kreatif dalam menetapkan harga. Anda dapat sesekali memberikan diskon (pada musim tertentu) atau mengadakan paket bundling, yang juga memungkinkan produk Anda terjual lebih banyak dalam satu kali transaksi.

Menjadi reseller kosmetik di usia muda tentunya akan menjadi pembelajaran yang bermakna juga dalam dunia bisnis dan penjualan. Maka dari itu, jangan takut untuk memulai Langkah ini. Karena walau terbilang Langkah kecil, ini bisa saja membukakan peluang untuk Anda meraih lebih banyak hal yang jauh lebih besar lagi !

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *