Tips Kembalikan Kulit Mulus Serta Perbaiki Skinbarier

Stratum korneum atau yang dikenal dengan skin barrier ini merupakan lapisan luar kulit yang berguna untuk memproteksi kulit.  Untuk itu skinbarrier ini memiliki peranan yang cukup besar dalam menjaga serta melindungi kulit dari berbagai kerusakan. Jadi bayangkan saja, jika skinbarier seseorang rusak, maka kulit akan lebih mudah mendapatkan beragam masalah seperti iritasi, dehidrasi, dan masalah kulit lainnya yang tentunya akan menghilangkan tekstur kulit wajah yang mulus dan lembut.

Untuk itu, sebelum kita mengetahui cara mengembalikan kulit mulus dan memperbaiki kondisi skinbarier, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya kerusakan skinbarier. Penyebabnya yaitu :

  1. Kulit yang terlalu sering terkena sinar matahari
  2. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, tidur yang kurang, serta mengkonsumsi alkohol
  3. Terlalu sering mencuci muka
  4. Kulit terpapar produk dengan kandungan bahan kimia yang keras
  5. Konsumsi obat tertentu, misalnya steroid
  6. Polusi udara
  7. faktor genetik
  8. Terlalu sering melakukan eksfoliasi
  9. Kondisi cuaca yang tak menentu
  10. Perawatan kulit yang buruk

Biasanya jika skin barier rusak, kulit akan terlihat lebih kusam, kasar, banyak jerawat bermunculan, lebih muda terserang virus, bakteri, jamur, serta terlihatnya tanda-tanda penuaan dini. Dan pada saat kondisi skin barier rusak biasanya akan memberikan beberapa gejala seperti kulit terasa lebih tebal, gatal, pecah-pecah, terjadinya perubahan warna kulit, bahkan timbulnya sensasi kulit seperti tertarik dengan kencang.

Bagi kalian yang sedang merasa ha-hal seperti penjelasan di atas, tenang aja karena skin barier yang rusak itu masih bisa diperbaiki loh. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan skinbarier yang rusak, yuk simak tipsnya

  • Kurangi penggunaan skincare

Meskipun skincare memang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, namun jika penggunaanya terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada skinbararier loh. Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan bahan aktif yang terdapat pada skincare yang jika digunakan terlalu sering bukannya menjaga kesehatan kulit yang ada akan membuat kondisi skinbararier jadi buruk. Oleh karena itu, jika skinbarier sedang rusak cukup dengan perawatan minimalism saja yaitu dengan menggunakan sabun cuci muka, tonrt, mosturaizer, dan sunscreen.

  • Perhatikan kandungan skincare

Pililah skincare yang memiliki kandungan minyak dari tumbuhan seperti minyak almond, minyak kelapa, ataupun minyak matahari. Dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan seperti itu akan membantu kulit untuk memperkuat skin bariernya, karena di dalam minyak-minyak tersebut terdapat antibakteri, antioksidan serta antiinflamasi yang mampu menyehatkan kulit serta memperbaiki kondisi kulit yang sehat

  • Hidrasi kulit

Saat skinbarier sedang rusak, salah satu hal penting yang boleh dilakukan adalah dengan meningkatkan hidrasi pada kulit. Hal ini bisa dilakukan dengan penggunaan serum serta pelembab wajah. Pastikan juga produk yang digunakan mengandung gliserin panthenol atau hyaluronic acid ya, karena kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar air dalam kulit sehingga mampu menghidrasi kulit dengan baik. Nah untuk membuat kulit semakin terhidrasi dengan baik, biasakan mengkonsumsi air putih dengan cukup ya minimal 2 liter perhari.

  • Perbaiki gaya hidup

Pola hidup yang sehat sangatlah penting demi mengembalikan skin barier yang rusak. Pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta tidur yang cukup tentu akan membantumu meprbaiki kondisi skinbarier.

  • Jangan menggunakan produk dengan kadar pH tinggi

Kulit wajah itu memiliki kadar pH alami sekitar 5,7. untuk itu hindarilah beragam produk dengan kandungan pH yang lebih tinggi dari kadar kulit alami karena tentunya akan merusak serta memperburuk kondisi skin barier.

  • Jangan lakukan kebiasan buruk

Kadang kala kita sering kali tak sadar apa penyebab yang membuat kondisi skinbarier rusak, padahal mungkin hal itu sering kali dilakukan. Misalnya adalah sering mandi dengan menggunakan air yang panasnya tinggi, atau sering kali menggaruk kulit dengan sangat kasar. Hal-hal seperti itu mulailah hindarilah ya karena akan memperburuk kondisi skin bariermu.

Itulah hal-hal mengenai skin barier yang wajib diketahui, untuk itu mulailah peka dengan kondisi kulitmu, pahami apa saja gejalanya serta hindarilah penyebab-penyebab yang mampu merusak kondisi skin barier. Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah dengan skin barier mu, silahkan ikuti beberapa tips di atas ya, atau jika membutuhkan orang yang lebih ahli silakan langsung kunjungi dokter untuk membantu mengatasi masalah kulitmu.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *