Tips Menghilangkan Kulit Kusam, Hitam dan Berminyak

Kita semua berurusan dengan kulit kusam dari waktu ke waktu. Nah, apakah kamu salah satu orang yang sering bertanya-tanya tentang tips menghilangkan kulit kusam, hitam dan berminyak agar tampak lebih sehat dan cerah?

Anda memiliki banyak pilihan untuk menerapkan tips menghilangkan kulit hitam kusam dan berminyak dengan rutinitas perawatan kulit harian berikut.

Bagaimana Tips Menghilangkan Kulit Kusam, Hitam dan Berminyak?

  1. Pembersih Lembut pada kulit

Tips menghilangkan kulit kusam yang pertama ialah gunakan pembersih wajah yang lembut untuk memastikan bahwa Anda telah benar-benar menghapus riasan dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Hindari scrub yang teksturnya keras karena dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, luka kecil, dan kulit mengelupas.

Terapkan pembersihan ganda. Pertama, gunakan cleansing oil atau minyak pembersih untuk menghilangkan riasan dan tabir surya tanpa merusak lapisan atas kulit Anda. Setelah itu, lakukan langkah kedua pembersih yang lembut untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

  1. Hindari air panas

Air panas menghilangkan minyak alami yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Air bersuhu tinggi juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah superfisial yang memicu kemerahan pada kulit, tetapi hanya sementara.

Sebaiknya, gunakan air hangat saat membersihkan wajah. Pilih juga pelembap dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

  1. Eksfoliasi kulit secara teratur

Eksfoliasi kulit secara teratur adalah kunci untuk kulit bercahaya. Penumpukan sel-sel kulit mati dapat menyebabkan kulit terlihat kering, kusam, dan bersisik, bahkan dapat menyumbat pori-pori.

Eksfoliasi kulit secara teratur dapat mencegah hal ini terjadi. Exfoliating juga membantu menghaluskan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, meratakan tekstur kulit, serta mengontrol produksi minyak pada wajah.

Pengelupasan membantu menciptakan lapisan kulit segar yang siap mempertahankan hidrasi saat pelembab diterapkan. Langkah ini juga membantu mengencangkan kulit, membuatnya tampak lebih muda, halus, dan sehat.

Eksfoliasi dengan benar dan teratur akan meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen. Lakukan eksfoliasi kulit Anda dua kali seminggu agar kulit Anda tidak menjadi terlalu kering atau teriritasi. Setelah pengelupasan, oleskan pelembab segera untuk mengunci kelembapan dan melindungi sel-sel kulit.

  1. Tambahkan serum wajah

Serum wajah mengandung bahan-bahan konsentrasi tinggi yang akan membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Karena serum menyerap dengan cepat ke dalam kulit, Anda bisa mengoleskannya sekali atau dua kali sehari sesudah pembersihan.

Anda bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin C, vitamin B3 (niacinamide) yang memiliki efek antioksidan kuat untuk membantu mencegah efek radikal bebas yang merusak kolagen.

  1. Gunakan masker wajah

Memanjakan diri dengan masker wajah mingguan adalah tips menghilangkan kulit kusam dan berminyak yang efektif. Pilih masker dengan antioksidan, asam hialuronat, shea butter, atau bahan pelembab dan pencerah lainnya.

Anda dapat menggunakan masker wajah 1-3 kali seminggu, tetapi ini tergantung pada produk dan jenis kulit Anda. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan produk terlebih dulu.

  1. Maksimalkan pelembab

Melembabkan dua kali sehari dengan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit. Pelembab dapat memperbaiki dan melindungi penghalang kulit, mengencangkan kulit, dan mencegah dehidrasi atau kulit kering.

  1. Merangsang pertumbuhan kolagen dengan retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A yang terbukti setips ilmiah dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit. Retinoid bekerja untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit yang lebih tua, kemudian membawa sel-sel baru yang segar ke permukaan kulit.

Retinoid juga menghaluskan dan mengencerkan lapisan atas sel. Pada akhirnya, cahaya akan memantul lebih baik dari permukaan halus tersebut, lalu memberi Anda cahaya yang lebih alami. Sebagai permulaan, terapkan perawatan retinoid dua malam dalam seminggu, lalu tingkatkan frekuensinya saat kulit Anda terbiasa.

  1. Pakai tabir surya setiap hari

Terakhir, tetapi tentu tidak kalah pentingnya, kenakan tabir surya setiap hari. Penggunaan tabir surya membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV, termasuk hiperpigmentasi kulit, bintik-bintik coklat tua, dan tekstur kasar dan kusam.

Tabir surya juga sangat penting untuk kulit berminyak. Produk ini akan menjaga kulit tetap terlindungi dari masalah lain seperti pori-pori tersumbat hingga jerawat.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *