Cara Mengetahui Cocok atau Tidak Skincare Pada Wajah

Cara Mengetahui Cocok atau Tidak Skincare Pada Wajah

Mencari skincare yang cocok itu di ibaratkan mencari jodoh, karena dari sekian banyaknya produk skincare bermunculan kemungkinan hanya sedikit sekali produk atau merek yang cocok dengan jenis kulit kita.

Cocok atau tidaknya sebuah skincare sebenarnya bisa terlihat dan di rasakan dengan si penggunanya, misalnya kalau wajah kalian merasa nyaman dan tidak muncul masalah kulit apapun bisa dikatakan bahwa skincare yang digunakan itu cocok dengan jenis kulit. Namun selain hal tersebut, ada beberapa hal lainnya yang bisa jadi penilaian untuk memastikan apakah skincare yang digunakan cocok atau tidak, nah berikut penjelasannya!

1. Kulit tampak lebih cerah dan terasa lebih lembab

Ciri-ciri utama yang bisa dilihat dari kecocokan skincare adalah kondisi kulit. Pada umumnya, jika skincare cocok dengan jenis kulit, perlahan tapi pasti akan mulai terlihat dan terasa hasilnya, kulit jadi lebih cerah dari sebelumnya dan kondisi kulit jauh lebih lembab. Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat dalam skincare telah bekerja dengan baik sehingga membuat kelembapan wajah terkunci dan hasilnya kulit wajahpun tampak lebih sehat.

2. Warna kulit merata dan tidak kusam

Skincare yang bekerja dengan efektif, tentu akan membuat kulit wajah menjadi lebih rata dan terhindar dari kulit yang kusam. Selain itu kulit wajah juga akan terasa lebih halus karena pori-pori yang semakin mengecil, dan juga terbebas dari jerawat maupun bekas-bekasnya.

3. Tidak muncul kemerahan pada kulit

Biasanya pada kulit yang cenderung sensitif dan tidak cocok dengan perawatan skincare akan terlihat dari timbulnya ruam-ruam kemerahan pada kulit. Jadi jika kalian merasa kulit tidak nyaman, dan ruam-ruam merah mulai bermunculan pada wajah, maka dapat dipastikan skincare tersebut tidak cocok dan sebaiknya pemakaiannya segera dihentikan.

Baca Juga: Efek Pemakaian Kosmetik Palsu

4. Tidak merasakan sensasi kebakar pada kulit

Jika kalian merasakan sensasi yang terbakar pada kulit setelah menggunakan produk skincare, maka hal ini bisa dipastikan skincare yang digunakan tidak cocok. Jadi jangan pernah mengira bahwa munculnya sensasi kebakar ini sebagai tanda reaksi skincare yang bekerja dengan baik ya pada wajah. jika setiap menggunakan skincare merasakan sensasi yang panas terbakar bahkan dalam rentan waktu yang lama, sebaiknya segera hentikan pemakaian produknya ya.

5. Tidak munculnya ruam-ruam merah pada kulit

Jika muncul ruam-ruam merah pada kulit setelah menggunakan produk skincare, maka dapat dipastikan bahwa skincare tersebut tidak cocok untuk digunakan. Karena ruam-ruam kemerahan yang muncul pada wajah itu diakibatkan karena kandungan seperti zat pengawet, ataupun zat kimia lain yang jika digunakan bisa membuat kulit jadi teriritasi.

6. Perubahan kulit yang tampak lebih gelap

Terkadang, cocok atau tidaknya penggunaan skincare juga bisa terlihar dari bintk-bintik coklat atau kehitaman yang muncul pada wajah loh, hal ini juga turut disertai dengan perubahan warna kulit wajah menjadi lebih gelap dibandingkan sebelumnya.

7. Timbul rasa gatal-gatal

Bagi sebagian orang yang mengalami ketidakcocokan penggunaan skincare, biasanya akan muncul rasa gatal pada kulit. Hal ini disebabkan karena adanya reaksi pelepasan histamin yang terjadi setelah menggunakan skincare dengan kandungan yang kurang tepat dengan jenis kulit. Selain tidak cocok dengan kandungan skincare, timbulnya rasa gatal ataupun iritasi pada kulit juga bisa disebabkan karena cara penyimpanan skincare yang tidak tepat loh, cara penyimpanan skinacarepun perlu diperhatikan.

Itulah beberapa tanda yang bisa terlihat cocok atau tidaknya skincare pada wajah. Untuk mengetahui cocok atau tidaknya sebuah skincare atau untuk meminimalisir hal-hal yang negatif terjadi pada kulit sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Dan perlu digaris bawahi ya, meskipun skincare digunakan sebagai salah satu cara untuk merawat kulit, namun penggunaannya pun juga tak boleh berlebihan. Dan cocok atau tidaknya penggunaan skincare juga tak bisa diukur dari lama waktu penggunaanya ya, karena efek yang ditimbulkan pada skincare biasanya disetiap kulit tentu berbeda, jadi mulai sekarang pintarlah memilah dan memilih skincare yang cocok pada wajah. Jangalah mudah terpengaruh pada skincare yang harganya murah ya, pastikan juga produk tersebut memiliki nomor BPOM, agar keamanan dan kualitas produk bisa terjamin.

 

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *