Efek Pemakaian Kosmetik Abal-Abal

Inilah Efek dari Pemakaian Kosmetik Abal-Abal – Seperti yang kita ketahui bahwasannya kosmetik merupakan suatu produk yang terbilang sangat dibutuhkan oleh kaum hawa, baik itu untuk kegiatannya sehari-hari seperti bepergian, berkuliah, bekerja, dan lain sebagainya. Produk makeup yang digunakan pun beragam seperti bedak, lipstik, blushon, foundation, dan lain-lain. Hal ini tentu membuat permintaan terhadap produk makeup di pasaran semakin tinggi. Tingginya permintaannya terhadap kosmetik, membuat banyak oknum nakal yang memanfaatkannya dengan menjual produk kosmetik abal-abal.

Kehadiran kosmetik abal-abal ini tentu akan sangat merugikan para pemakainya. Karena bahan-bahan yang digunakan tidak terjamin keamanannya, yang bisa membahayakan dan berakibat fatal jika terus menerus digunakan. Inilah bahaya atau akibat fatal dari penggunaan kosmetik aba-abal yang harus kamu tahu.

  1. Kerusakan pada kulit

Jika pemakaian kosmetik abal-abal ini dilakukan secara terus menerus, tentu kulit akan mengalami kerusakan. Kerusakan kulit yang terjadi biasanya ditandai dengan beberapa hal seperti, kulit memerah, timbul ruam-ruam, kulit perih, gatal, dan terasa panas. Hal ini terjadi akibat adanya kandungan bahan-bahan yang keras dan berbahaya pada komposisinya.

  1. Keracunan pada kulit

Produk kosmetik abal-abal, biasanya mengandung hingga 19 kali batas legal timah hitam atau timbal. Hal ini jika dibiarkan terus menerus, akan terjadi tumpukan timbal di dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh menjadi keracunan. Dan efek dari penggunaanya bisa mengakibatkan hilang ingatan, nyeri otot, sendi, hingga sakit kepala. Terlebih lagi jika digunakan oleh ibu hamil, kosmetik abal-abal ini bisa menyebabkan keguguran pada janin, hingga kelahiran secara prematur.

  1. Merusak organ tubuh

Produk kosmetik abal-abal biasanya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri dan aluminium yang tinggi. Apabila produk ini digunakan secara terus menerus dalam jangka panjang tentu akan berakibat fatal pada organ dalam tubuh seperti terjadinya kerusakan pada ginjal, jantung, otak, paru-paru, penyakit tulang, dan lainnya. Hal ini bisa terjadi akibat adanya penumpukan bahan-bahan berbahaya di otak, sehingga menyebar dan menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh.

  1. Infeksi pada area sekitar mata

Salah satu produk kosmetik yang sering kali digunakan oleh kaum hawa adalah eyeshadow. Pemakaian dari eyeshadow ini tentu bertujuan untuk menonjolkan kecantikan pada bagian sekitar mata. Namun sayangnya, sering kali ditemukan eyeshadow palsu atau imitasi dari beberapa produk terkenal lainnya yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Apabila dipakai dipakai secara terus menerus pada area mata, mata akan membengkak, dan yang lebih parahnya bisa membuat pandangan menjadi kabur.

  1. Kanker kulit

Penggunaan kosmetik abal-abal dalam jangka waktu panjang tentu akan membuat kandungan tersebut semakin terserap banyak oleh kulit. Kandungan berbahaya yang mengendap pada jaringan kulit inilah yang nantinya akan memicu kanker kulit, lalu  menyebar ke jaringan-jaringan tubuh lainnya.

Nah itulah beberapa akibat fatal dari penggunaan kosmetik abal-abal. Jadi mulailah berhat-hati memilih produk kosmetik ya, jangan sampai karena tergiur harga murah, kamu jadi mengorbankan wajah, tubuh, bahkan nyawamu sendiri. Pililah produk-produk kosmetik yang sudah memiliki nomor BPOM-nya, karena produk-produk yang sudah terdaftar di BPOM, tentu akan terjamin keamanannya.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *