Tips Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit

Tips Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit – Memilih Produk Kecantikan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit bukanlah hal yang mudah.

Bagi sebagian orang, kulit wajah merupakan area yang lebih sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya. Jika Anda menggunakan produk kecantikan yang salah sesuai dengan jenis kulit Anda, bahkan bisa menyebabkan masalah kulit. Lalu, bagaimana cara memilih Produk Kecantikan yang tepat?

A. Tips Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit

Hal paling mendasar yang harus Anda perhatikan saat memilih produk kecantikan adalah kondisi dan jenis kulit. Sebelum menggunakannya, kenali dulu jenis kulit Anda, lalu pilih produk kecantikan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda. Beberapa orang akan memiliki kulit sensitif, mudah berjerawat, merah, atau terlalu kering. Jika Anda sudah menentukan jenis kulit Anda, berikut cara memilih Produk Kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit Anda:

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki kelebihan tersendiri yaitu kelihatan lebih awet muda. Parahnya, mereka yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terhadap masalah kulit, termasuk komedo, jerawat, dan pori-pori besar. Selain itu, kulit berminyak cocok untuk produk kecantikan yang memiliki tekstur gel. Jangan lupa untuk memperhatikan kemasan dan petunjuk penggunaan. Kemudian cari tahu apakah produk tersebut cocok untuk kulit yang berminyak.

2. Kulit Kusam

Kulit kusam biasanya dialami oleh pemilik kulit kering. Namun, dengan perawatan yang tepat, masalah kulit kusam bisa diatasi dengan baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah selalu menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah. Selain itu, pilihlah jenis Produk Kecantikan yang dapat melembabkan kulit dan memiliki efek mencerahkan. Dengan begitu, wajah tidak akan terlihat kusam.

3. Kulit Kering

Orang dengan kulit kering lebih rentan terhadap kerutan, jadi tidak heran jika garis-garis halus lebih mudah terlihat. Wajah pemilik kulit kering juga lebih rentan terlihat kusam dan tidak glowing. Kulit kering biasanya menjadi masalah yang sangat signifikan jika Anda tinggal atau bepergian di tempat-tempat dengan cuaca dingin.

Selain cuaca dingin, pemilik kulit kering juga harus mewaspadai perubahan hormonal. Untuk mencegah kulit kering semakin parah, pemilik kulit kering sebaiknya tidak terlalu sering mencuci muka dengan air hangat, dan memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit dengan bahan pelembab, seperti hydrating toner. Pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan produk kecantikan dengan tekstur krim atau balsem.

4. Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif bisa memiliki kulit kering atau berminyak, yang membedakan adalah respon yang ditunjukkan kulit saat bersentuhan dengan bahan kimia atau bahan tertentu. Jika kulit Anda mengalami kemerahan saat menggunakan produk kecantikan tertentu, sebaiknya segera hentikan. Ada puluhan, bahkan ratusan produk kecantikan di pasaran untuk setiap jenis kulit.

Tentu tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit Anda. Jadi, dalam hal ini Anda harus benar-benar memperhatikan dengan seksama. Sebelum menggunakan Produk Kecantikan, ada banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, agar Anda tidak salah dalam memilih.

B. Efek Terlalu Banyak Menggunakan Produk Kecantikan pada Kulit

Saat ini, wanita lebih melek tentang betapa pentingnya kesehatan kulit. Akibatnya, permintaan akan Produk Kecantikan semakin meningkat, sehingga para produsen saling bersaing untuk menciptakan produk terbaik. Jenis Produk Kecantikan semakin beragam dan tidak hanya terbatas pada sabun wajah, toner dan pelembab saja.

Kini Anda bisa menemukan berbagai jenis serum yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kulit. Alih-alih mendapatkan manfaat yang diinginkan, kulit justru berisiko mengalami hal sebaliknya. Berikut ini adalah efek dari terlalu banyak menggunakan produk kecantikan.

1. Alergi Kulit

Efek utama yang mungkin timbul jika terlalu banyak menggunakan Produk Kecantikan adalah alergi kulit. Alergi ditandai dengan rasa gatal dan muncul ruam merah pada kulit wajah. Tidak hanya kulit wajah, ruam menyebar ke leher saat Anda menggunakannya ke area leher.

Munculnya ruam ini disebabkan oleh zat kimia yang tidak cocok untuk kulit Anda. Kondisi ini bisa bertambah parah jika Anda menggunakan terlalu banyak Produk Kecantikan. Reaksi yang ditimbulkan bisa sama atau lebih parah karena Anda menggunakan produk yang lebih bervariasi.

2. Iritasi Kulit

Iritasi kulit umumnya disebabkan karena terlalu banyak menggunakan produk yang berfungsi untuk pengelupasan kulit. Pengelupasan kulit memang perlu, tetapi tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering. Saat kita terlalu banyak menggunakan produk eksfoliasi, kulit wajah terlihat berminyak namun justru terasa kering.

Akibatnya, kulit menjadi iritasi yang ditandai dengan kulit kering, merah, dan perih. Untuk mencegah efek ini, hindari penggunaan produk pengelupasan lebih dari 2 kali seminggu. Jika Anda mengalami iritasi kulit, sebaiknya hentikan penggunaan produk kecantikan untuk sementara waktu dan konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Kulit Suka Tertarik

Efek lain yang bisa ditimbulkan akibat terlalu banyak menggunakan produk kecantikan adalah kulit terasa kencang seperti ditarik-tarik. Semakin banyak produk yang Anda gunakan, semakin sedikit kelembapan kulit Anda. Saat kulit terasa kering hingga terasa kencang, otomatis lebih mudah untuk mendapatkan kerutan.

Jadi, sebelum membeli banyak produk kecantikan, pertimbangkan dulu efek yang bisa ditimbulkan. Alih-alih ingin mendapatkan kulit yang lembab dan awet muda, wajah justru bisa menjadi kering dan muncul kerutan.

4. Wajah Hilangnya Minyak Alami

Menggunakan terlalu banyak produk kecantikan juga dapat menghilangkan minyak alami pada wajah kita. Jika Anda pernah mengalami tanda-tanda tersebut, hentikan penggunaan Produk Kecantikan untuk sementara waktu.

5. Masalah Kulit Lainnya Terjadi

Biasanya, tujuan penggunaan Produk Kecantikan adalah untuk memperbaiki masalah kulit yang ada. Alih-alih memperbaiki masalah kulit yang ada, Anda mendapatkan masalah lain ketika Anda menggunakan terlalu banyak produk.

 

Baca Juga: Jenis dan Fungsi Produk Kosmetik

 

C. Urutan Penggunaan Produk Kecantikan yang Benar

1. Cleanser

Sebelum mulai mengaplikasikan berbagai macam produk kecantikan pada kulit wajah. Pertama-tama, Anda perlu membersihkan wajah agar minyak, debu, dan kotoran yang menempel dapat dihilangkan. Dengan demikian, produk kecantikan yang Anda gunakan juga bisa terserap dengan baik oleh kulit wajah. Ingat, untuk selalu membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Exfoliating Toner

Tahukah Anda bahwa penumpukan sel kulit mati bisa membuat wajah terlihat kusam dan menimbulkan jerawat. Hasilnya, wajah akan terlihat bersih dan cerah. Anda bisa menggunakan toner ini setiap hari. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, gunakan saja setiap dua hari sekali.

3. Hydrating Toner

Langkah selanjutnya, gunakan hydrating toner. Cara pakai toner ini, tinggal tuang langsung ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk lembut dan ratakan di kulit wajah sampai meresap. Alhasil, wajah menjadi segar kembali dan siap menerima produk Produk Kecantikan selanjutnya.

4. Booster

Booster juga berguna untuk mempersiapkan kulit menerima produk kecantikan lainnya, serta memberikan nutrisi tambahan pada kulit. Teksturnya pun bermacam-macam, ada yang cair, agak kental, dan gel. Cara pemakaiannya juga sama seperti hydrating toner, cukup ditepuk-tepuk di kulit secara perlahan sampai meresap.

5. Moisturizer

Pelembap atau moisturizer berperan penting untuk menjaga kulit wajah tetap halus dan lembab. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, pilihlah pelembab dengan tekstur gel, sedangkan untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah yang bertekstur krim.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang tips memilih Produk Kecantikan sesuai jenis kulit, semoga bermanfaat. Kamu juga dapat menjadi reseller produk kecantikan di Cressindo Kusuma. Silakan daftar di sini, ya!

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *