Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering

Memiliki kulit yang sehat, kenyal, serta kencang adalah dambaan setiap wanita. Namun, perlu ada upaya perawatan kulit agar kulit menjadi lebih sehat dan kencang. Salah satu syarat agar kulit lebih sehat dan kencang adalah terjaganya kelembapan kulit. Dengan mengetahui cara melembabkan kulit, Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Keuntungan memiliki kulit wajah yang terawat akan membuat seseorang terlihat lebih muda dan juga memiliki pori-pori kulit yang lebih sehat dan kencang. Bagi yang memiliki masalah dengan kulit kering dan sensitif, dapat memicu munculnya ruam, kerutan, garis halus, kulit mengelupas, dan tanda-tanda penuaan dini.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut ini akan berbagi cara melembabkan kulit wajah:

  1. Minum lebih banyak air

Seperti yang sudah kita ketahui, tubuh kita membutuhkan banyak cairan untuk menjaga tubuh kita dalam kondisi yang baik. Selain organ dalam tubuh, kulit kita juga membutuhkan banyak cairan agar tetap lembab.

Oleh sebab itu, kita perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam sehari, para ahli menganjurkan agar kita minum air putih delapan gelas setiap hari.

  1. Melembabkan Kulit dengan Susu

Susu mengandung zat anti inflamasi yang membuat kulit rileks dan mencegah iritasi kulit. Selain itu, susu juga mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit. Caranya siapkan susu bubuk yang dicampur dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, kemudian pasta tersebut dioleskan ke wajah secara merata.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan dalam perawatan kulit. Minyak kelapa mengandung zat yang terbukti mampu menjaga kelembapan kulit, bahkan mampu membuat kulit tampak lebih muda.

  1. Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang paling direkomendasikan dalam perawatan kulit. Selain mampu menjaga kelembapan kulit, minyak zaitun juga dikenal mampu membuat kulit lebih halus dan lembut. Oleh karena itu, tidak sedikit produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan utamanya.

  1. Madu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu bermanfaat untuk kulit. Madu mengandung antioksidan dan antimikroba, bahan-bahan tersebut mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, madu juga mengandung vitamin untuk menutrisi kulit. Cara mendapatkan manfaat madu adalah dengan mengoleskannya langsung ke kulit, menjadikannya sebagai masker alami untuk kulit kering atau lulur.

  1. Kopi Bubuk

Ampas kopi yang biasa kita seduh sebagai minuman ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kulit. Bisa dibilang ini adalah masker kulit yang terbuat dari ampas kopi. Sedikit aneh memang, karena mungkin jarang ada yang mendengar bahwa ampas kopi bisa digunakan sebagai masker alami untuk kulit kering di wajah.

  1. Mentega

Cara melembabkan kulit selanjutnya adalah mengoleskan mentega pada kulit. Mentega mengandung vitamin A dan asam lemak, vitamin A serta asam lemak yang berperan dalam menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung asam folat, antioksidan, seng, kalium, magnesium, vitamin B, C, dan vitamin E. Bahan-bahan tersebut dapat melindungi kulit dari radikal bebas, menyehatkan kulit, dan membuat kulit lebih lembab. Cara pengaplikasiannya sendiri adalah dengan mengambil bagian dalam (daging) tanaman lidah buaya dan dioleskan langsung ke wajah.

  1. Alpukat

Alpukat banyak mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, dan potasium. Dengan kandungan vitamin yang beragam, tentunya nutrisi yang dibutuhkan kulit akan terpenuhi. Karena nutrisi kulit terpenuhi, kelembapan kulit juga akan lebih terjaga. Selain itu, vitamin E akan membantu regenerasi sel kulit.

  1. Yoghurt

Kandungan vitamin B6 dan B12 dalam yogurt sangat bermanfaat untuk menutrisi dan menjaga kelembapan kulit, mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, dan melindungi kulit dari sengatan matahari. Cara mendapatkan manfaat yoghurt ini adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai masker alami untuk kulit kering.

Beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit lebih cepat kering antara lain: terlalu sering mandi dengan air panas, mandi terlalu lama, menggunakan sabun mandi yang berlebihan. Selain itu, ada juga faktor yang tidak berhubungan dengan kebiasaan, seperti faktor suhu dan cuaca. Oleh karena itu, perlu menghentikan kebiasaan buruk dan melakukan antisipasi sejak dini.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *