Manfaat Luar Biasa Lidah Buaya Untuk Kulit Wajah

Manfaat Luar Biasa Lidah Buaya Untuk Kulit Wajah

Tak hanya menjadi trend penyajian, lidah buaya memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Menurut data kesehatan yang merawat kulit oleh Baylor College of Medicine, lidah buaya mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi luka bakar, jerawat, dan melembabkan kulit kering.

Lebih lanjut, penelitian yang sama menjelaskan bahwa enzim dalam lidah buaya membantu pengelupasan kulit secara alami, sehingga kulit terlihat lebih halus. Manfaat lain lidah buaya untuk kulit wajah adalah mengatasi masalah garis dan kerutan. Anda bisa menemukan informasi lebih detail mengenai manfaat lidah buaya untuk kulit wajah di bawah ini.

Manfaat lidah buaya untuk wajah memang menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik. Industri kosmetik dunia telah menggunakan lidah buaya secara masif untuk bahan baku produknya. Lidah buaya atau aloe vera adalah sejenis tumbuhan bertangkai pendek dan memiliki daun berwarna hijau tebal yang menyimpan air di dalam daunnya. Tanaman hijau terkenal untuk mengobati luka pada kulit.

Apa Saja Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah?

Lidah Buaya Alami

Produk terbaik, disarankan untuk menggunakan lidah buaya alami. Caranya juga sederhana, cukup kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya untuk dioleskan ke kulit wajah.

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar rumah dan cukup terpapar sinar matahari, penggunaan lidah buaya dapat mendinginkan kulit, dan mencegahnya dari rasa terbakar. Deskripsi yang jelas tentang manfaat lidah buaya pada wajah yang terbuka terangkum di bawah ini:

  1. Melembabkan Kulit Wajah

Mengoleskan daging lidah buaya secara teratur sebenarnya dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Hal ini sangat penting karena kulit wajah yang kering dapat memicu berbagai masalah. Mulai dari kulit mengelupas, kulit wajah bersisik, hingga tumbuhnya jerawat. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah.

  1. Mencerahkan Wajah

Anda bisa mendapatkan kulit wajah cerah dengan menjadikan daging lidah buaya sebagai masker sehari-hari. Enzim yang terkandung dalam lidah buaya dapat mencerahkan kulit, membuatnya tidak kusam, dan melembutkan kulit yang kasar.

  1. Mengurangi Peradangan Jerawat

Mengoleskan daging lidah buaya dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Kandungan zat antimikroba dan antibakteri yang terdapat pada tanaman lidah buaya berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat di wajah. Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringen yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih pada wajah.

  1. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat membantu menghilangkan flek dan flek hitam. Bagi sebagian orang, munculnya tanda-tanda ini mungkin mengganggu dan merusak. Namun, mengoleskan lidah buaya secara teratur sebenarnya dapat membantu mengurangi masalah ini.

  1. Anti penuaan

Tidak ada yang bisa menyangkal usia tua, tapi penampilan bisa dijaga dengan perawatan yang maksimal dan alami. Menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah juga dapat menunda penuaan dini.

Untuk menghindari hal ini terjadi, cobalah untuk secara teratur mengoleskan gel lidah buaya ke kulit. Tentu saja, Anda tidak bisa hanya mengandalkan lidah buaya, Anda juga perlu mengatur pola makan, dan menjalani hidup yang sehat untuk mencapai keseimbangan.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan, kasih langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk masalah kulit wajah Anda. Untuk melakukannya,

Meski banyak penelitian mengungkapkan bahwa lidah buaya memberikan manfaat bagi kesehatan kulit wajah, ada kalanya orang dengan kondisi tertentu memiliki reaksi yang berbeda-beda.

Jika Anda mengalami gatal-gatal atau ruam pada kulit setelah menggunakan lidah buaya, sebaiknya hentikan penggunaannya. Jangan gunakan lidah buaya pada kulit wajah yang terinfeksi. Dikhawatirkan, lidah buaya memiliki sifat mikroba, sehingga lapisan pelindungnya dapat mengganggu proses penyembuhan dan memperburuk infeksi.

  1. Menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari

Lidah buaya mengandung senyawa yang disebut polisakarida yang meningkatkan perbaikan kulit dan pembentukan sel-sel kulit baru. Lidah juga merupakan pereda nyeri yang disebut carboxypeptidase, sehingga dapat mengelupas kulit yang terbakar sinar matahari.

  1. Meredakan peradangan kulit

Lidah buaya mengandung senyawa acemannan, yang akan menekan peradangan kulit wajah anda. Namun, pastikan untuk melakukan uji tempel sebelum mengoleskan lidah buaya ke kulit yang meradang, karena lidah buaya dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi pada beberapa orang.

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *